Game level 4 kuliah bunsay, hari ke 12

Bismillah..

Saua tertarik pada status bu Sukatmini di FB islamic Montesori nya.. dia bilang anak balita itu kemampuannya lengkap. Visual, auditory, dan kinestiknya.

Ini berkaitan demgan sekarang dimana saya sedang mengamati kecendrunhan gaya belajar balita saya, Syauqi 4 tahun.

Hari ini saya yanya mengamati dia bermain mainan kesukaannya yaitu bermain mobil dan aktivitas lainnya ya, hari ini saya mengamati saja segala inisiatif bermain nya.. memang menyimpulkan kecenderungan gaya belajar anak balita itu agak pelik. . Karena mereka jago semuanya. Sangat antusias dalam bergerak naik sebagai ciri anak kinestik, antusias dalam bernyanyi seperti ciri abnk audiotory (hari ini Syauqi juga bernyanyai lagu “O ibu dan Ayah” dari awal sampai habis, diulang sampai 6 kali), juga ada visualnya (syauqi sangat detil dalam mengenali gambar, warna dan tulisan pada mainan mobil-mobilannya), selain itu dia juga senang menyusun mainan mobil-mobulannya menjadi suatu barisan yang rapih khas anak visual.

Sekian laporan hari ini

#harike12
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Game level 4 kuliah Bunsay, day 11

Bismillahirohmaanirohiim..

Sebenarnya hari ke 10 sudah mau stop. Mau jadi Camper saja.. tapi rasanya sayang karena sudah sejauh ini.. maka saya memutuskan untuk lanjut.

5 hari pertama saya mengobservasi anak pertama, royyan. 5 hari kedua anak kedua, Ariej. Saarnya sekarang saya penasaran mau mengobservasi gaya belajat anak saya yang ke tiga, Syauqi yang berumur 4 tahun.

Hari ini saya mau melakukan pre observasi dengan mengisi kuesioner gaya belajar. Tapi kali ini memakai buku lain.. yang alhamdulillah sudah dirangkum dan dibuat pdf nya oleh Mbak Naila dari IIP Sangata.

Jadi saya mengisi kuesioner ini berdasarkan ingatan saya selama membersmainya selama ini. Selanjutnya akan saya lebih membersmai dan mengamati laginkegiatan, perilaku yang bisa mengarahkan ke petunjuk-petunjuk gaya belajar yang dominan pada Syauqi.

Ini dia kuesionernya

Maaf kalau gambarnya gelap hasilnya dia lebih banyak di audiotory seperti dua kakaknya.

Baiklah, marinkita onservasi lagi dengan beerbagai stimulasi ke depannnya. Insya Allah. Aamiin. Semoga lancar

#harike11
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Game level 4 kuliah bunsay, day 10

Bismillahirohmaanirohiim

Alhamdulillah sudah day 10

Hari ini saya berencana membuat Mind Mapping atau Peta Pikiran dari materi tentang sholat yang saya dan Ariej pelajari kemarin lusa. Saya memakai buku ini untuk rujukan Mind Mapping nya:

Buku yang akan kita bedah buku tentang sholat yag kemarin lusa kami pelajari :

Alhamdulillah Ariej sangat antusias mengikuti proses penggambaran Mind Map. Awalnya saya kira dia kurang tertarik, jadi saya berniat saya yang gambar, dia hanya membantu sebisanya. .

E..di tengah-tengah malah dia yang memaksa untuk menggambar dan menulis Mind Map itu sendiri:

Na.. itu penampakan nya. Ariej nampak sangat serius menggambar cabang-cabang peta pikiran dan menuliskannya.

Materi Sholatnya sudah bab 1, tema bersuci.

Arti dan media bersuci, macam hadas dan najis, macam-macam air.

Nah begini hasil jadi nya Mind Map kita..

Masih belajar kita bikin Mind Map.. masih belum sempurna sih. Tapi lumayan cantik kan hehe yang penting sang Anak antusias jadinya belajarnya.

Saya tanya-tanya kembali/review materi dia semangat untuk belajar lagi. Awalnya saya tanya dia banyak lupa. . Ternyata kalau hanya menggambar tidak otomatis dia menghafal, harus dipelajari dan dihafal bersama kembali, tetapi karena kini bentuknya Mind Map atau Peta Pikiran, belajar jadi lebih mudah dan menyenangkan karena materinya terpetakan.

Kegiatan ini sangat cocok untuk tipe gaya belajar visual.. Ariej cukup senang kegiatan menggambar nya.. mungkin dia juga cenderung ke visual learning. Tapi siapa yang tidak suka sih gaya belajar sambil gambar-gambar seperti ini. Saya aja yang sudah besar suka banget. Menyenangkan. Asal telaten aja bikinnya.. hehe..

Insight hari ini, saya jadi yakin apa yang dikatakan bu septi soal kecenderungan anak untuk senang belajar. Slogannya “Don’t teach me, I love to learn!”

Karena awalnya saya kira Ariej tidak akan tertarik dengan materi sholat bab bersuci ini, sehingga rencana saya mau saya saja yang gambar peta lalu mengajak dia belajar bersama. Tapi ternyata saya salah, dia enjoy saja mempelari materi ini. Padahal, tidak ada iming-iming apapun, bukan PR sekolah, bukan pula materi yang diulangankan di sekolah. Hanya ingin saja. Masya Allah, ternyata fitrahnya anak-anak suka belajar. Tinggal orang tua yang harus selalu siap memfasilitasi, men’suport’, dan mendampingi. Dan selalu menjaga agar ‘api’ semangat antusisme alami untuk belajar ini terjaga sampai dewasa.

#harike10
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Game level 4 kuliah Bunsay, day 9

Bismillahirohmaanirohiim…

Hari ini rencananya saya mau menggambar mind map untuk materi solat kemarin. Mind map ini metode belajar yang menekankan visual sekali. Saya penasaran dengan gaya belajar visual Ariej..apakah signifikan apa tidak.. ataukah dia tidak cenderung ke mana-mana? Enjoy semua gaya? Sepertinya asal yang mengajar umminya sendiri, Ariej sangat antusias belajar. Masya Allah.

Hanya umminya nih yang malah bermasalah. Kadang dengan berbagai alasan, kurang sungguh-sungguh mendampingi Ariej belajar. Astaghfirullah.. padahal anak-anak terlihat bahagia belajar apaun bersama umminya.

Seperti hari ini rencananya ummiy ingin membantu membuat Mind Map sholat.. tapi tidak jadi. . Umminya sedang tidak ‘mood’ (tepok jidat sendiri)..

Alhasil kegiatan hari ini membersamai Ariej belajar tugas mewarnai dari gurunya, sambil saya amati gaya belajarnya.

Ariej mewarnai sudah rapih dan cantik gradasinya.. cuma dalam pemilihan warna masih kurang percaya diri.. selalu nanya ke umminya “ini baju orangnya warna apa mi bagusnya? Celananya warna apa sama apa?”

Kalau ummi sudah jawab “warna merah” Ariej masih nanya lagi ” merahnya merah yang mana?

“Tua”

“Tuanya tua yang mana..yang ini apa yang ini ummiy?” Sambil memperlihatkan aneka macam gradasi warna merah tua

*emak pusing.

Mungkin kalau dia anak visual banget akan santai saja ya mewarnainya mengikuti imajinasinya. Entahlah ini nanya melulu penyebabnya apa? Maksudnya hubungannya apa sama gaya belajar VAK, sepertinya lebih ke hubungannya ke STIFIn…hmm.

Lalu dalam mewarnai Ariej kurang tekun.. berhenti2 dulu.. disela dengan nonton, tidur-tiduran atau main. Ini mungkin ada kaitan dengan gaya belajar kinestetik.. atau dia hanya capek saja mewarnai terus..? Jenuh gitu hehe..

Sekian.

#harike9

#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Game level 4, kuliah bunsay, day 8

Hari ini karena besok Ariej sudah selesai ulangannya. Saya ajak Ariej belajar tentang sholat. Saya bacakan buku tentang sholat. Bab pertama tentang bersuci. Selanjutnya dia senang kalau baca bukunya sendiri ketimbang dibacakan Berarti dia punya sisi visual. Lalu setelah baca tiap bab, saya uji pemahaman dia dengan mengajukan pertanyaan berdasarkan apa yang tadi dibaca. Alhamdulillah dia benar semua menjawab pertanyaannya.

Saya harus mengamati lagi karena sepertinya kuesionernya belum tentu benar. Di kuesioner dia kuat di auditory.. tapi dari pengamatan sepertinya dia punya gaya visual yang kuat pula.

#harike8

#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Game level 4 kuliah bunsay, day 7

Alhamdulillah hari ini sudah hari ke 7. Untuk 5 jhari rencananya yang akan saya amati anak kedua yaitu Ariej (7 tahun).

Besok kebetulan ulangan Tematik 4 dan PJOK. Tadi saya dampingi anak belajar PJOK dengan cara menjawab pertanyaan dan mempraktekan jawabannya. Saya ingin mengajaknya ‘berkinestik’ ria.

Di gambar ini ceritanya dia sedang senam. Karena ada soal tentang senam.

Setelah selesai belajar saya ajak makan. Tetiba dia terpikir soal beda jarak usia dia dan adiknya. Saya suruhbdia mencari jawabannya sendiri. Saya jadi ingat di sekolah dia belajar bilamgan loncat. Mencari jarak usia bisa pakai ilmu bilangan loncat ini. Alhamdulillah ada ilmu yang bisa diterapakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menemuka solusi dari bulangan loncat ini biasanya memakai bantuan garis bilangan. Awalnya saya suruh dia membayangkan saja garis itu, tetapi dia kesulitan. Dia ingin menggambarnya dengan coretan. Akhirnya dia gambarlah coretan garis bilangan untuk menemukan jarak usia dia, kakak, dan adiknya :

Alhamdulillah. . Jadi kesimpulannya hari ini dia belajar secara kinestik dan visual.. sambil auditory sedikit karena ummiy mengadakan tanya jawab soal. Sekian

#harike7
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Game level 4 kuliah bunsay, day 6

Sudah 5 hari saya mengamati si sulung, Royyan yg saat ini berusia 8 tahun. Mendampingi nya belajar dengan lebih lekat, membuat saya semakin mengenal nya. Saya juga makin mengenal diri saya sendiri yang masih emosian dan tidak sabar menghadapi anak yang sedang tidak termotivasi. Aataghfirullah.

Kaena fokus pada kakaknya saya merasa saya jadi agak ‘jauh’ dengan anak kedua saya, perempuan, namanya Ariej, usianya 7 tahun. Jadi hari ini saya ingin ‘switch’ dulu mengamati si adik cantik ini. Soalnya selama 5 hari ini saya merasa saya kurang dekat dengan dia, pulang sekolah dia biasanya main dengan temannya. Pokoknya terasa sedikit sekali waktu ‘bonding’ dengan dia, karena saya sibuk demgan pekerjaan domestik dan juga mengasuh anak ke tiga yang masih balita.

Ok lah kalau begitu. Saya hari ini amati gaya belajar si cantik dulu, sekaligus membentuk ‘bonding’ atau ikatan hati lagi bersamanya.

Ariej sudah saya tes juga dengan kuesioner gaya belajar seperti kakaknya dahulu. Hasilnya dia juga tinggi di auditory.. dan sangat dominan. Hasil kuesioner Ariej :

Audio =7

Kinestik =2

Visual = 2

Pantas saja dia suka pelajaran menyanyi di sekolah. . Haha..nyambung gak ya auditory sama suka nyanyi. Dia juga suka ciptain nada-nada lagu sendiri… heran juga sih soalnya umminya ini paling tidak bakat di musik. Nyanyi aja ‘fals’.

Karena Ariej sekarang alhamdulillah sudah kelas 1 SD maka saat ini seperti kakak nya, dia tengah menghadapi UAS pertamanya. Hari ini saya mendampinginya belajar Bahasa Inggris. Metode mengajar saya, metode yang menekankan kemampuan ‘listening’ dan ‘speaking’ saja. No nulis-nulis.. belajar bahasa asing itu seharusnya ‘fun’ ya.. apalagi Ariej anak auditory jadi kayaknya asyik nemenin dia belajar bahasa inggris tanpa nulis-nulis.

Kami belajar pakai buku dari sekolah. Judul bukunya ‘Gogo loves English’ bukunya menarik, macam buku kursus Bahasa Inggris untuk anak gitu. Banyak menekankan pada praktik denga warna yang menarik.

Ini foto kegiatan kami belajar bersama. Kami melakukan dialog dengan Bahasa Inggris, mengulang kata Bahasa inggris yang ummi ucapkan, mengikuti berbagai instruksi dari ‘task’ yang ada di buku.

Alhamdulillah. Ariej tampak tidak pernah bosan dan mengikuti pembelajaran dengan baik. Padahal adiknya menggoda terus dengan mengajaknya nonton. Tapi dia tetap senang belajar bersama ummiy.

Belajarnya nyantai saja sambil dia tidur di paha umminya. Alhamdulillah dia ikuti semua kegiatan dengan baik seperti dialog, menjawab pertanyaan, drill vocab, dan lainnya.

Jadi hari ini kegiatan belajarnya menekankan pada auditory, visual juga ada karena buknya memiliki gambar yang menarik. Kinestik mungkin dengan posisi nyantai ini ya..adalah sisi kinestik..hehe.. posisi nyantai.

Sekian. Alhamdulillah. Masya Allah

#harike6

#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Game level 4 Kuliah Bunsay, day 5

Bismillaahirohmaanirohiim..

Hari ke-5 agenda masih menemani sang buah hati mengerjakan latihan soalnya untuk persiapan Ujian Akhir Semester besok.

Awalnya dia agak enggan ketika disuruh belajar. Setelah saya janjikan reward akan memasakan masakan kesukaanya, dia langsung bersemangat. ( belajarnya masih belum berdasarkan ‘curiosity’ dari dalan diri yah.. masih PR nih buat umminya untuk memicu ‘curiosity’ nya)

Soal latihan kali ini dominasi soal matematika. Masya Allah saya kagum dengan kemandiriannya mengerjakan soal matematika. Alhamdulillah tekun sekali. Coret2an matematik dia kerjakan di belakang kertas soal.

Kalau tekun begitu ciri gaya belajar apa yah? Sepertinya bukan ke arah kinestik ya.. Kinestik tidak betah duduk diam waktu lama. Apa dia tekun karena suka dengan matematika? Hehe entahlah.. untuk matematika dia biasanys agak kesulitan di soal cerita. Hmm.. kenapa ya? Dia biasanya agak tergesa menjawabnya, kurang teliti. Mungkin karena dia bukan tipe visual jadi kurang dalam membayangkan jalan cerita soal cerita?

Alhamdulillah akhirnya selesai juga. Tapi setelah saya check, ee.. ada soal yang tidak dia jawab, lagi-lagi soal menggambar dengan instruksi. Alasannya dia tidak suka soal itu. Soal menggambar sesuai instruksi itu kesukaan tipe pembelajar visual. Jadi sepertinya dia memang bukan anak dengan tipe belajar visual. Padahal dulu sebelum saya amati dia seperti sekarang ini, saya dengan sok tahu nya menganggap dia bertipe belajar visual karena dia suka gambar dan suka nonton ha..ha.. ternyata saya salah. Suka gambar dengan gaya belajar visual belum tentu berhubungan.

Setelah saya motivasi dan mengingatkan lagi soal ‘reward’ alhamdulillah akhirnya dia mau bersusah payah menjawab soal yang tidak dia sukai.

Sekian.

#harike5
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Game level 4 Kuliah Bunsay, day 5

Bismillaahirohmaanirohiim..

Hari ke-5 agenda masih menemani sang buah hati mengerjakan latihan soalnya untuk persiapan Ujian Akhir Semester besok.

Awalnya dia agak enggan ketika disuruh belajar. Setelah saya janjikan reward akan memasakan masakan kesukaanya, dia langsung bersemangat. ( belajarnya masih belum berdasarkan ‘curiosity’ dari dalan diri yah.. masih PR nih buat umminya untuk memicu ‘curiosity’ nya)

Soal latihan kali ini dominasi soal matematika. Masya Allah saya kagum dengan kemandiriannya mengerjakan soal matematika. Alhamdulillah tekun sekali. Coret2an matematik dia kerjakan di belakang kertas soal.

Kalau tekun begitu ciri gaya belajar apa yah? Sepertinya bukan ke arah kinestik ya.. Kinestik tidak betah duduk diam waktu lama. Apa dia tekun karena suka dengan matematika? Hehe entahlah.. untuk matematika dia biasanys agak kesulitan di soal cerita. Hmm.. kenapa ya? Dia biasanya agak tergesa menjawabnya, kurang teliti. Mungkin karena dia bukan tipe visual jadi kurang dalam membayangkan jalan cerita soal cerita?

Alhamdulillah akhirnya selesai juga. Tapi setelah saya check, ee.. ada soal yang tidak dia jawab, lagi-lagi soal menggambar dengan instruksi. Alasannya dia tidak suka soal itu. Soal menggambar sesuai instruksi itu kesukaan tipe pembelajar visual. Jadi sepertinya dia memang bukan anak dengan tipe belajar visual. Padahal dulu sebelum saya amati dia seperti sekarang ini, saya dengan sok tahu nya menganggap dia bertipe belajar visual karena dia suka gambar dan suka nonton ha..ha.. ternyata saya salah. Suka gambar dengan gaya belajar visual belum tentu berhubungan.

Setelah saya motivasi dan mengingatkan lagi soal ‘reward’ alhamdulillah akhirnya dia mau bersusah payah menjawab soal yang tidak dia sukai.

Sekian.

#harike5
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Game level 4 kuliah bunsay, day 4

Alhamdulillah.. hari ini Royyan mau menepati janjinya menyelesaikan soal latihannya yang tentang menggambar sesuai instruksi.

Awalnya dia masih tidak mau berusaha mengerti. Setelah saya beri contoh pengerjaan, dia baru mau bergerak. Dan inilah hasilnya

Masih kurang rapih. Padahal saya berharap bisa lebih rapih lagi. Mungkin jalau anak bertipe belajar dominan visual bisa rapih ya.. berati dia memamg bukan dominan visual.

#harike4
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar