Day #4 : Bunsay Mendongeng: Buku Bunda Sayang

Saya baru ingat ada satu refrensi buku lagi yang harus saya baca. Ya buku Bunda Sayang. Isinya tentamg materi dan target pembelajaran Bunda Sayang

Aha! Saya pun teringat kembali kata kunci dan alasan mendongeng yaitu : karakter.. Ya, membangun karakter. Fokus saya pun jadi ke kata karakter ini.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Day #10 Bunsay Mendongeng : Dongeng Seru dari Mancanegara

Lagi bingung nyari buku refrensi dongeng untuk dibacakan anak. Alhamdulillah keinget satu buku bahasa inggris yang berisi kumpulan cerita lucu. Isinya kumpulan cerita yang lucu yang sebagian besar adalah dongeng atau cerita rakyat dari berbagai negara di dunia. Belum semua cerita saya pahami. Salah satu yang saya pahami saya ceritakan ke Syauqi hari ini. Ternyata Syauqi suka dongeng ‘absurd’ tentang telinga raja dari India ini

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Day #9 : Bunsay Mendongeng : Sukses Mendongeng.. yeay!

Alhamdulillah hari ini saya sukses Mendongeng tanpa peraga dan tanpa membacakan buku. Ceritanya lanjutan dari cerita yang kemarin terpotong sambil saya modifikisi lagi biar tambah seru. Alhasil Syauqi minta nambah dan nambah lagi ceritanya.. Masya Allah.

Kata penulis buku ini..kisah burung warn warni ini bisa merangsang otak kanan karena salam cerita burungnya warna warni. Membayangkan warna bisa menstimulasi otak kanan

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Day #8 : Bunsay Mendongeng : Dongeng Merangsang Kinerja Otak Kanan dan Otak Kiri lho..!

Iseng baca salah satu koleksi buku saya yang berjudul “Potensi Kekuatan Otak Kiri dan Otak Kanan Anak”. Udah lama punya buku ini tapi lupa lagi isinya. Tadiny buat menstimulan baby Faris (4bulan), kan di buku itu ada list cara menstimulasi otak kanan dan kiri anak. E..alhamdulillah malah nemu bab mendongeng. Ternyta dalam buku itu menyatakan mendongeng adalah salah satu cara menstimulasi otak kanan dan kiri anak. Di buku itu juga ad contoh dongeng yang dapat menstimulasi otak kanan dan kiri.alhamdulillah

Saya bacakanlah dongeng tersebut pada Syauqi dan kakaknya Ariej (8 tahun) e..belum selesai umminya cerita, Ariej malah menjeda ngasih teka teki. Dan ummi jadi gak pede lanjutin cerita. Akhirnya kita bermain teka teki.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Day #7 Bunsay Mendongeng : Kala Dongeng Emak sudah Ketebak

Pulamg Syauqi sekolah pikir saya saat yang tepat nih buat mendongeng..soalnya malam suka keburu ngantuk..karena sedang rebahan dan saya malas cari buku cerita..saya ingat-ingat saja cergam dongeng nya anak-anak yang pernah dibaca yaitu “Princess Jihan”.

Cerita serial Princess Jihan ini faforit Syauqi dari kecil. Jasi saya pikir dia akan senang mendengarkannya walau sudah pernah. E.. Baru 5 menit cerita dia langsung berkata: ” Ummi itu kan cerita Princess Jihan..”

Ummi: eh..iya makanya ummi mau cerita lagi

Syauqi: gak usah cerita kalau gitu. Bacakan saja buku nya..

Dan diaoun langsung bergegas ke lemari buku dan cari buku-buku u tuk dibacakan

Yah padahal saya sedang mwlatih skill mendongeng “free style” alias gaya bebas yang tanpa membaca dan tanpa peraga.. Katanya kaau tanla gambar akan semakin baik untuk melatih imajinasi anak

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Day #6 Bunsay Mendongeng : Karakter dan Dongeng

Masih terpikir soal karakter dan dongeng. Akhirnya saya me-list karakter-karakter baik apa saja ya.g ada di dunia ini. Tadinya mau cari list karakter anak yang perlu dibangun pasa anak dari hand out materi pelatihan parentingny Pak Aidil Umarat, tapi gak ketemu. Akhirnya ya.. Cari di internet saja list karakter-karakter baik dari IHF (Indonesia Heritage Foundation)nya Ratna Megawangi. Ini list saya sambil saya tambahin dari sendiri aja.

Banyak juga ya

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Day #5 Bunsay Mendongeng : Dongeng dan Imajinasi

Apa bedany dongeng dan cerita biasa. Dongeng itu kisahnya biasanya cenderung fiktif dan hal yang di luar nalar, jadi itu sangat seru dan menarik.. Daya imajinasi samgat bermain dalam dongeng. Dunia anak adalah dunia imajinasi. Karena itu kita harus memanfaatkannya untuk membentuk karakternya melalui dongen ini, agar pesan nya mampu terserap dengan baik tanpa kesan menggurui atau menceramahi yang terkesan membosankan.

Lagi tidak ad ide mendongeng.. Saya ingin rangsang daya imajinasi dulu dari film Moana ini..luar biasa imajinasi yang disajikan film ini..siapa tau ada inspirasi. Anak-anak saya ajak nonton juga..

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Day #4 Bunsay Mendongeng: Jadi Ingat Buku Bunsay

Oiya saya punya buku Bunsay. Isinya tentang semua materi kuliah Bunsay ini lho.. Termasuk list target pembelajaran tiap sesi.

Jadi isunya di sini adalah membangun karakter lewat dongeng. Ya..karakter.. Itulah ‘goal’ dari mendongeng.

Akhiirnya pemikiran idealis saya mengemuka dan menyimpulkan: berarti saya harus tentukan karakter-karakter baik apa saja yang saya yang ingin saya bangun dari anak dan lalu mengarang dongeng berdasarkan karakter yang diinginkan tersebut.

Saya lihat anak saya susah bangun subuh..jadi saya coba ngarang cerita hewan yamg suksws karena bangun subuh.. Tapi saya merasa cerita saya itu terlalu kaku.akhirnya tidak saya sajikan. Dan hari ini blm sempat cerita apa2 ke anak..

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Day #3 Bunsay mendongeng : Manfaatkan Teknologi

Referensi buku dongeng kami terbatas..maka saya coba cari di internet, siapa tau ada dongeng untuk dibacakan. Akhirnya saya dapat situs http://www.posbunda.com isinya beberapa dongeng singkat. Jadi karena singkat saya harus mengeksplor lagi percakapan dan suasana supaya lebih seru.

Anak saya Syauqi (5 tahun) senang sekali mendengarkannya. Ternyata benar anak suka didongengin.

Setelah itu saya juga mencoba di play store..saya download aplikasi “cergam” tapi entah kenapa setelah didownload aplikasinya error tidak bisa dibuka..yah zonk deh oadahal udah download pakai pulsa..hik..hik..he..he..

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Day #2 Bunsay Mendongeng: Belum ada Ide, ‘Read Aloud’ dulu.

Pinginnya bisa ngarang sendiri dongeng.. Tapi semakin dipikir semakin terasa buntu. Cerita dongeng di pikiran saya terasa kaku.. Ah..jadi hari ini bacakan dongeng yang sudah ada saja ya.. Kita percayakan dulu pada ahlinya mengarang dongeng…yang penting sekarang latihan membacakan dongeng dulu dengan penuh semangat dan oenghayatan yang baik.Dongeng ini yang dibacakan:

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar